-
Selasa, 03 Maret 2009
modeling

Teknik Pemodelan dengan 3D Studio Max
Model merupakan representasi dari object benda yang sesungguhnya, dan dapat dimodifikasi sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna.Dalam kesempatan ini object yang akan dibuat adalah sebuah gelas yang dipinggir gelas terdapat gambar atau image yang ditempelkan disisinya. Dalam membuat sebuah model, banyak cara untuk membuat sebuah bentuk menjadi model yang diinginkan, yang akan dibahas kali ini adalah membuat model dengan menggabungkan bentuk2 object2 lainnya melalui fungsi yang dinamakan boolean, untuk lebih jelasnya, langkah2 yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.Membuat gelas diawali dengan menggunakan bentuk dasar yang mendekati bentuk model yang akan dihasilkan, dalam simulasi ini gelas lebih mendekati struktur sebuah silinder, lakukan seperti gambar dibawah ini :
2.Setelah itu setting ukuran dari silinder diatas seperti contoh berikut:
3.Setelah itu ubah format silinder kedalam editable poly, tujuannnya untuk bisa melakukan perubahan terhadap bentuk dasarnya, langkahnya seperti di gambar berikut.
4.Dan akan muncul menu pada kolom sebelah kanan, seperti gambar disamping ini. Aktifkan menunya dengan mengklik pada baris editable poly hingga berwarna kuning, dan aktifkan pula mode polygon (gambar kotak) pada roll menu selection.
5.Kemudian klik pada silinder tersebut pada bagian bawahnya, dan lakukan pengecilan luas areanya dengan menggunakna menu ’Select & Uniform Scale’
6.Ubahlah bentuknya hingga seperti gambar disamping ini menggunakan alat bantu seleksi menggunakan menu ‘Loop’.
7.Kemudian lakukan proses penggandaan atau clone dengan menggunakan tombol keybord Ctrl + V, dan pilih object copy sehingga akan membentuk object yang sama.
8.Setelah dikloning lakukan, perubahan skala object kedua dengan menggunakan menu ’Select & Uniform Scale’, hingga seperti gambar disamping ini.
9.Setelah itu pilih Silinder 01, dan lakukan prose berikutnya yaitu menghilangkan benda silinder 02 dari dalam silinder 01, dengan menggunakan menu Boolean seperti petunjuk berikut ini .
10.Setelah itu pada menu roll out Parameter, pilih operasi yang akan dilakukan yaitu, menghilangkan object didalam gelas/silinder yang pertama, klik Substraction (A-B). Klik ‘Pick Operand B’ dan pilih object silinder 02, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini
11.Berikutnya akan buat model pegangan gelas, dengan menggunakan model Torus, langkah awalnya seperti gambar berikut ini :
12.Setting ukuran torus seperti gambar disamping ini.
13.Kemudian posisikan torus tersebut dalam posisi berdiri menggunakan perintah rotate seperti dibawah ini dengan mengisikan nilai 90 pad sumbu y
14.Kemudian torus tersebut harus dipotong, guna menyerupai pegangan gelas, dengan cara membuatkan alat bantu berupa kotak yang diletakkan ditengah volume torus tersebut, seperti gambar berikut ini,
15.Lakukan operasi substraksi pada menu boolean terhadap kotak dan torus yang telah berpotongan tersebut. Langkahnya seperti pada substraksi gelas diatas dengan mengaktifkan Substraction (A-B) dan mengklik Pick Operand B kemudian mengklik objek kotak tersebut.
16.Berikutnya menggabungkan pegangan dengan gelasnya, dengan menggunakan perintah connect pada rool out object type. Setelah itu klik perintah ‘Pick Operand’ dan klik gelas yang dituju.
17.Dan Hasil akhirnya seperti ini.
Rabu, 25 Februari 2009
സുബ്ദ് മോടെല്ിംഗ് ബടാക്
Begin modeling creatures and organic forms using time-saving modeling techniques with over 3.5 hours of project-based training. Perfect for beginner and intermediate users.
Popular highlights include:
* Image Plane Preparation
* Extruding along Curves
* Appending to Polygon Tool
* Sub-Division Hierarchy
* Duplicating along Curves
* Polygon Proxy Modeling
* Combining Multiple Polygon Objects
* Surface Conversion
* Mirroring
* Attaching
* Cleaning Geometry
Lesson Outline:
1. Introduction and project overview 0:43
2. Setting Up Image Planes 2:54
3. Creating the Rough Shape of the Monster's Body 5:45
4. Modeling Additional Body Parts 6:30
5. Building the Arm 7:32
6. Attaching the Arm to the Body 7:52
7. Building the Back Leg 6:46
8. Attaching the back leg 6:05
9. Building the Toe for the Back Foot 7:35
10. Building the Rest of the Toes 6:59
11. Building the fingers for the monster's hand 7:26
12. Making Minor Adjustments to the Shape of Monster's Body 7:01
13. Setting Up Image Planes for the Monster's Head 3:31
14. Building the Jaw 8:41
15. Building the Back of the Monster's Head 5:02
16. Building the Upper Lip 4:55
17. Finishing the Upper Lip 6:45
18. Building the Eye Socket 7:32
19. Refining the Eye Socket (part 1) 5:49
20. Refining the Eye Socket (part 2) 4:39
21. Assembling the Top of the Head 5:00
22. Modeling the Side Channel on Monster's Head 5:53
23. Finishing the Side Channel on Monster's Head 6:20
24. Closing the Rest of the Gap on Monster's Head 8:34
25. Building the Horns 9:17
26. Building the Gums (part 1) 5:28
27. Building the Gums (part 2) 5:29
28. Building the Teeth for the Lower Jaw 6:55
29. Building the Teeth for the Upper Jaw 5:25
30. Duplicating the Head and Closing the Gaps 7:32
31. Closing the Gaps on the Head 5:23
32. Attaching the Head to the Body 6:30
33. Defining Rough Muscle Shapes 5:36
34. Refining the Muscle Definition 6:25
35. Adding the Ribs and Other Secondary Features to Monster 6:34
36. Making Final Adjustments to the Monster's body 4:52
Total Run Time:
3:40:00
Detailed Product Images
Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Specifications
Item #: MAF-081-ED
Software Requirement: Maya 6 - Maya 7
Run Time: 3 hrs. 42 min.
Format: E-Download
Availability: Instant Download
File Size: 900 MB
Weight: 0.30 lbs
Popular highlights include:
* Image Plane Preparation
* Extruding along Curves
* Appending to Polygon Tool
* Sub-Division Hierarchy
* Duplicating along Curves
* Polygon Proxy Modeling
* Combining Multiple Polygon Objects
* Surface Conversion
* Mirroring
* Attaching
* Cleaning Geometry
Lesson Outline:
1. Introduction and project overview 0:43
2. Setting Up Image Planes 2:54
3. Creating the Rough Shape of the Monster's Body 5:45
4. Modeling Additional Body Parts 6:30
5. Building the Arm 7:32
6. Attaching the Arm to the Body 7:52
7. Building the Back Leg 6:46
8. Attaching the back leg 6:05
9. Building the Toe for the Back Foot 7:35
10. Building the Rest of the Toes 6:59
11. Building the fingers for the monster's hand 7:26
12. Making Minor Adjustments to the Shape of Monster's Body 7:01
13. Setting Up Image Planes for the Monster's Head 3:31
14. Building the Jaw 8:41
15. Building the Back of the Monster's Head 5:02
16. Building the Upper Lip 4:55
17. Finishing the Upper Lip 6:45
18. Building the Eye Socket 7:32
19. Refining the Eye Socket (part 1) 5:49
20. Refining the Eye Socket (part 2) 4:39
21. Assembling the Top of the Head 5:00
22. Modeling the Side Channel on Monster's Head 5:53
23. Finishing the Side Channel on Monster's Head 6:20
24. Closing the Rest of the Gap on Monster's Head 8:34
25. Building the Horns 9:17
26. Building the Gums (part 1) 5:28
27. Building the Gums (part 2) 5:29
28. Building the Teeth for the Lower Jaw 6:55
29. Building the Teeth for the Upper Jaw 5:25
30. Duplicating the Head and Closing the Gaps 7:32
31. Closing the Gaps on the Head 5:23
32. Attaching the Head to the Body 6:30
33. Defining Rough Muscle Shapes 5:36
34. Refining the Muscle Definition 6:25
35. Adding the Ribs and Other Secondary Features to Monster 6:34
36. Making Final Adjustments to the Monster's body 4:52
Total Run Time:
3:40:00
Detailed Product Images
Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Polygon and Sub-D Modeling in Maya Polygon and Sub-D Modeling in Maya
Specifications
Item #: MAF-081-ED
Software Requirement: Maya 6 - Maya 7
Run Time: 3 hrs. 42 min.
Format: E-Download
Availability: Instant Download
File Size: 900 MB
Weight: 0.30 lbs
Langganan:
Komentar (Atom)



















